Friday, September 3, 2021

Simak Berikut Fakta Mengenai Permainan Catur

Banyak yang berpendapat bahwa bermain catur dapat meningkatkan kecerdasan otak, pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah mengingat bermain catur diperlukan berpikir dan strategi yang tepat. Bermain catur bukan hanya seru dan menantang, tetapi juga dapat mencerdaskan otak dan melatih kemampuan memecahkan masalah bagi anak.

Bahkan, tak sedikit sekolah yang seringkali mengadakan kompetisi bermain catur dan para pesertanya biasanya berasal dari siswa yang ahli dalam bermain catur dan memiliki kecerdasan. Jika Anda adalah orang tua yang memiliki anak remaja, tak ada salahnya Anda mengajak anak untuk bermain catur.

Lalu, Apakah benar bermain catur dapat meningkatkan IQ?

Hal tersebut memanglah benar. Ahli saraf dari Colombia Medical Center di Amerika Serikat menyatakan jika bermain catur dapat meningkatkan IQ, mengurangi risiko alzheimer, meningkatkan pertumbuhan otak, serta membantu pemulihan stroke dan disabilitas.

Bukan hanya itu, menurut study yang dilakukan Murray Thompson, Ph.D pada anak-anak yang bermain catur, mereka dapat meningkatkan IQ selama 4,5 bulan. Bahkan hal ini bukan hanya untuk anak-anak saja tetapi untuk orang yang bermain catur pada umumnya.

Dalam permainannya sendiri catur membutuhkan analisa dan ketajaman otak pemain, dalam membuat strategi yang tepat mulai dari menentukan langkah, rencana, risiko yang didapat serta kapan harus berkorban supaya menang.

Simak Berikut Fakta Mengenai Permainan Catur

Fakta unik Mengenai Permainan Catur

Catur merupakan permainan papan strategi yang dilakukan oleh 2 orang pada papan kotak-kotak terdiri dari 64 kotak yang dibagi sama rata yaitu masing-masing 32 kotak dalam kelompok warna putih dan hitam. Catur juga biasa disebut sebagai olahraga otak yang dimainkan jutaan orang dari seluruh dunia.

Catur bukan hanya memiliki fakta dapat mencerdaskan otak dan meningkatkan IQ, tetapi juga ads fakta unik lainnya dari permainan ini. Berikut 7 fakta unik mengenai permainan catur yang bisa diketahui, di antaranya yaitu :


Permainan Catur Berasal dari India

Saat ini, catur yang dikenal sebagai permainan yang cukup populer di dunia dan dimainkan oleh banyak orang dari seluruh dunia. Pasalnya permainan Ini pertama kali ada pada masa kekaisaran Gupta sekitar 1400 tahun yang lalu dan berasal dari India. Permainan ini awalnya bernama “Chaturanga” yang berarti “Empat bagian militer”.


Permainan Catur Mulai Menyebar ke Persia dan Timur Tengah

Lama-kelamaan karena permainan catur mulai menyebar ke negara lain. Di Persia, permainan ini disebut dengan nama 'chatrang' dan memiliki beberapa aturan baru dalam memainkannya.

Misalnya pemain harus berkata "Shah" (bahasa Persia untuk 'raja') ketika raja lawan diancam oleh pemain, dan menyebut  "Syah mat" (bahasa Persia untuk 'raja sudah selesai') ketika raja tak bisa bergerak. Mungkin saat ini, kalau di Indonesia sendiri sebutan ini disebut "Skak mat"

Permainan catur juga masuk ke negara Timur Tengah setelah muslim menduduki negara Persia. Kemudian dari sana kembali menyebar ke wilayah Eropa dan Rusia. Seiring penyebarannya, cara bermainnya pun berubah. Salah satu perubahan yang terkenal yaitu perubahan yang terjadi di Spanyol tahun 1280, dimana Pion dapat melangkah dua kota ke depan.


Bentuk Catur Berubah Dari Pertama Kali Diperkenalkan

Bidak catur yang pertama kali diciptakan di India dengan yang modern sangat berbeda. Mulai dari bidak catur kavaleri yang menjadi cikal bakal ksatria modern), kereta perang yang digantikan menjadi benteng, gajah yang digantikan oleh uskup dan infanteri yang merupakan versi awal dari pion. Tempat bidak catur ini memiliki posisi kemiliteran pada masa itu.


Biji Catur Tradisional

Diketahui biji catur tradisional tidak berbentuk nyata seperti prajurit, raja dan menteri. Hal ini dikarenakan sebelum catur menyebar ke Eropa, catur lebih dulu menyebar di dunia muslim, di mana dalam Islam patung berbentuk binatang atau manusia dilarang.

Oleh sebab itu, biji catur bentuknya disamarkan. Namun ketika catur menyebar ke wilayah Eropa Kristen, biji catur kembali mengalami perubahan bentuk yang lebih nyata.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blogger templates